Rumus listrik yang umum digunakan
- Hukum Ohm dan kombinasi
Unit
Satuan listrik yang sering digunakan dalam rumus dan persamaan adalah:
•
Volts - unit potensial listrik atau motif kekuasaan - potensi yang diperlukan
untuk mengirim satu ampere mengalir melalui satu ohm resistensi
•
Ohm - unit resistensi - satu ohm adalah resistensi ditawarkan ke salah satu
amper saat didorong oleh satu volt
•
Ampere - unit arus - arus satu amper adalah satu volt dapat mengirim melalui
resistensi dari satu ohm
•
Watt - unit energi listrik atau kekuasaan - satu watt adalah produk dari satu
dan satu volt ampere - salah satu ampere saat ini mengalir di bawah kuasa satu
volt memberikan satu watt energi
•
Volt Ampere - volt ampere produk dan sebagaimana ditunjukkan oleh voltmeter dan
ammeter - sistem-volt ampere arus searah dengan watt yang sama atau energi
disampaikan - di bolak sistem saat ini - yang volt dan ampere mungkin atau
mungkin tidak sinkron 100% - ketika sinkron dengan volt ampere watt sama pada
alat pengukur watt - ketika tidak melebihi volt ampere watt sinkron
Electric
Power Formulas
W = E
I (1a)
W = R I2
(1b)
W = E2/
R (1c)
where
W = power (Watts)
E = voltage (Volts)
I = current (Amperes)
R = resistance (Ohms)
Electric
Current Formulas
I = E /
R (2a)
I = W /
E (2b)
I = (W / R)1/2
(2c)
Electric
Resistance Formulas
R = E /
I (3a)
R = E2/
W (3b)
R = W / I2
(3c)
Electrical
Potential Formulas - Ohms Law
Hukum ohm dapat dinyatakan sebagai :
E = R
I (4a)
E = W /
I (4b)
E = (W R)1/2
(4c)
Example
- Ohm's law
Sebuah pasokan daya baterai 12 volt
ke resistensi dari 18 ohm.
I = (12 Volts) / (18 ohms)
= 0.67
Ampere
Electrical
Motor Formulas
Electrical
Motor Efficiency
μ = 746 Php / Winput
(5)
where
μ = efficiency
Php = output horsepower
(hp)
Winput = input electrical
power (Watts)
or alternatively
μ = 746 Php / (1.732 E I
PF) (5b)
Electrical
Motor - Power
W3-phase = (E I PF 1.732)
/ 1,000 (6)
where
W3-phase = electrical
power 3-phase motor (kW)
Electrical
Motor - Amps
I3-phase = (746 Php)
/ (1.732 E μ PF)
(7)
where
I3-phase = electrical
current 3-phase motor (Amps)
Asynchronous Motors - Data Listrik
data
motor listrik - arus nominal, sekering, mulai ampere, kontaktor dan pemutus
sirkuit motor asinkron
The table below can used to
determine electrical data for common asynchronous 380 Voltage motors.
KW
|
HP
|
Nominal
current
- In - (A) |
Directly
Fused
(A) |
Star
- Delta Started
(A) |
Star
- Delta contactor
- In - (A) |
Circuit
Breaker
- In - (A) |
0.2
|
0.3
|
0.7
|
2
|
2
|
16
|
|
0.33
|
0.5
|
1.1
|
2
|
2
|
16
|
|
0.5
|
0.7
|
1.4
|
2
|
2
|
16
|
|
0.8
|
1.1
|
2.1
|
4
|
4
|
16
|
|
1.1
|
1.5
|
2.6
|
4
|
4
|
16
|
|
1.5
|
2
|
3.6
|
6
|
4
|
(16)22
|
16
|
2.2
|
3
|
5.0
|
10
|
6
|
(16)22
|
16
|
3
|
4
|
6.6
|
16
|
10
|
(16)22
|
16
|
4
|
5.5
|
8.5
|
20
|
16
|
(16)22
|
16
|
5.5
|
7.5
|
11.5
|
25
|
20
|
(16)22
|
16
|
7.5
|
10
|
15.5
|
35
|
25
|
(25)22
|
25
|
11
|
15
|
22.2
|
35
|
35
|
(40)30
|
40
|
15
|
20
|
30
|
50
|
35
|
(40)30
|
40
|
22
|
30
|
44
|
63
|
50
|
(63)/60
|
60
|
30
|
40
|
57
|
80
|
63
|
(63)/60
|
60
|
45
|
66
|
85
|
125
|
100
|
90
|
100
|
55
|
75
|
104
|
160
|
125
|
110
|
100
|
75
|
100
|
140
|
200
|
160
|
150
|
200
|
90
|
125
|
168
|
225
|
200
|
220
|
200
|
110
|
150
|
205
|
300
|
250
|
220
|
200
|
132
|
180
|
245
|
400
|
300
|
300
|
400
|
160
|
220
|
290
|
430
|
300
|
300
|
400
|
200
|
270
|
360
|
500
|
430
|
480
|
400
|
240
|
325
|
430
|
630
|
500
|
480
|
480
|
Kendali-tegangan, kecepatan motor
starter-tunggal-tegangan starter Kendali (manual dan magnetik) menerapkan
tegangan penuh langsung ke terminal motor beban. Reduced-tegangan-kecepatan
motor tunggal, starter Beberapa mesin atau mungkin memerlukan awal yang lembut
dan akselerasi halus hingga kecepatan penuh. Banyak starter berlaku dikurangi
tegangan untuk gulungan motor; resistor utama, reaktor utama, ototransformator,
dan solid state. Bagian berliku dan starter Wye-delta juga dapat memberikan
pengurangan-tegangan awal, meskipun secara teknis mereka tidak ada starter
berkurang-tegangan.Motor Protection
Motor harus memiliki perlindungan
bagi diri mereka sendiri, sirkuit cabang, dan garis feeder. Perlindungan,
disediakan oleh sekering dan pemutus sirkuit, penjaga terhadap kondisi gangguan
yang disebabkan oleh arus pendek atau arus dasar dan lebih dari melebihi
nilai-rotor terkunci.
Related
Documents
Converting Ampere between Single Phase and 3 Phase
- Converting amperage between single phase (120, 240 and 480 Voltage) and three
phase (240 and 480 Voltage)
Pada tabel
Konversi satuan daya :
1 hp = 745,7 watt = 0,746 kW.
1 hp (Inggris) = 1,014 PK (Belanda)
NB:Kita di Indonesia sudah biasa menyamakan 1 hp = 1 PK.
1 hp = 745,7 watt = 0,746 kW.
1 hp (Inggris) = 1,014 PK (Belanda)
NB:Kita di Indonesia sudah biasa menyamakan 1 hp = 1 PK.
Untuk single phase 220 V :
1 hp = 745,7 watt : 220 V = 3,39 Ampere.
1 hp = 745,7 watt : 220 V = 3,39 Ampere.
Untuk 3 phase 380 V :
1 hp = 745,7 watt : (380×1,73) = 1,13 Amp.
Dengan catatan semua perhitungan dengan menganggap Cos phi nya = 1 (satu).
Demikian semoga bermanfaat.
1 hp = 745,7 watt : (380×1,73) = 1,13 Amp.
Dengan catatan semua perhitungan dengan menganggap Cos phi nya = 1 (satu).
Demikian semoga bermanfaat.
- Electrical Motor Calculator - Online electric motor calculator - calculate amps, hp and kVA
- Electrical Motor Efficiency - Calculating electric motor efficiency
- Electrical Motors - Starting Devices - Direct-on-line Starters, Star-Delta Starters, Frequency Drives and Soft Starters
- Heat Gain from Electrical Motors in Continuous Operation - Heat transferred from electrical motors to rooms with different locations of fan and motor
- Power Factor for a Three-Phase Electrical Motor - Power Factor definition for a three-phase electrical motor
- Power and Horsepower in Electrical Motors - Electrical power is rated in Horsepower or Watts
- Torques in Electrical Induction Motors - There are some common torques used to describe and classify electrical motors
- Variable-Frequency Drives - Heat Loss and Required Ventilation - A variable-frequency drive develops heat loss during work. To avoid overheating it is often necessary to ventilate the location around the frequency-drive
No comments:
Post a Comment